TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA TERMODINAMIKA

Sabtu, 17 Januari 2015

Aplikasi Termodinamika dalam Kehidupan Sehari-hari (Refrigator/kulkas)

KULKAS ATAU REFRIGATOR, ADALAH ALAT ELEKTRONIK DI RUMAH YANG BERFUNGSI UNTUK MENDINGINKAN MAKANAN YANG SERING DISEBUT MESIN PENDINGIN YANG PALING LAMA MENYALA DAN KONSTAN DALAM SEHARI PENUH.

Tak seperti AC yang dipakai atau digunakan di jam-jam tertentu. Kulkas merupakan alat yang sangat berguna untuk menjaga makanan dan sayuran tetap fresh hingga satu minggu biasanya, bahkan ada yang beberapa minggu.
 gambar: www.deliciouslywell.com 

BAGAIMANA CARA KERJA KULKAS ATAU LEMARI ES, SERTA APA MANFAATNYA BAGI KITA? BERIKUT PENJELASANNYA:

Lemari es adalah contoh dari sistem pendingin. Contoh lainnya adalah AC. Tujuan dari setiap sistem pendinginan adalah untuk mentransfer energi panas untuk menjaga kesegaran dari makanan yang dimasukkan ke kulkas. Sebuah lemari es, mentransfer energi panas dari udara dingin dalam ruangan ke udara hangat dibagian luar lemari es untuk menghasilkan makanan yang fresh. Jika kita pernah melihat betapa hangat bagian belakang kulkas saat menyala, hal tersebut adalah bukti bahwa ia melepaskan banyak energi panas ke dalam ruangan lemari es.

Kemudian kita bertanya-tanya bahwa: Energi panas selalu bergerak dari daerah yang lebih hangat ke daerah dingin. Bagaimana bisa bergerak energi panas dari pendingin udara di dalam lemari es ke udara hangat di ruangan?
Maka jawabannya adalah: Kerja atau Usaha.

 PRINSIP KERJA ATAU CARA KERJA KULKAS/LEMARI ES (REFRIGERATOR)

Hukum Termodinamika dalam Fisika berlaku untuk prinsip kerja lemari es. Sebuah lemari es harus melakukan pekerjaan untuk membalikkan arah normal aliran energi panas. Pekerjaan melibatkan penggunaan energi untuk memindahkan sesuatu, dan untuk melakukan pekerjaan membutuhkan energi. Dalam lemari es, energibiasanya disediakan oleh listrik. Kunci untuk bagaimana kulkas atau sistem pendingin lainnya bekerja adalah refrigeran. Refrigeran adalah zat seperti Freon ™ yang memiliki titik didih rendah dan perubahan antara bentuk cair dan gassaat melewati kulkas. Sebagai cairan, refrigeran menyerap energi panas dari udara dingin di dalam kulkas dan berubah menjadi gas. Sebagai gas, kemudian terjadi transfer energi panas ke udara hangat di luar kulkas dan perubahan bentuk kembali menjadi cairan. Pekerjaan dilakukan dengan lemari es untuk memindahkan refrigeran melalui berbagai komponen kulkas. Untuk mengetahui komponen kuklas atau lemari es secara lengkap dan kegunaannya bisa di cek di link ini. Berikut adalah Diagram Sederhana Komponen-komponen Kulkas dan fungsinya:
 gambar: ck-12.org 
Prosesnya adalah:
 # Pertama: Energi panas ditransfer udara dingin dalam lemari es untuk menjadi cairan dingin melalui sebuah mesin evavorator. Kemudian referigeran menyerap energi panas sehingga lebih hangat dan berubah bentuk menjadi gas.
 # Kedua: Gas yang terbentuk mengalir melalui compressor agar cairan pendingin (refrigeran) memiliki temperatur atau suhu yang lebih tinggi.
 # Ketiga: Refrigeran dengan suhu tinggi tersebut kemudian mengalir melalui kondensor, dimana disanalah energi panas ditransfer ke kumparan pendingin kondensor. Sehingga akhirnya refrigeran itu kehilangan energi panasnya dan menjadi dingin kembali serta mengalami kondensasi menjadi cairan.
 # Keempat: Cairan Refrigeran masuk ke komponen Ekspansi tempat yang memiliki ruangan untuk menyebarkan cairan tersebut keluar serta menurunkan suhunya lebih rendah.
 # Kelima: Cairan dingin refrigeran tersebut kemudian kembali mengali ke evaporator dan siklus kembali diulang.

So guys, gimana cukup rumit bukan? Teknologi kulkas telah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan dari rumah kita serta makanan yang kita konsumsi. Untuk mempertahankan kesegaran makanan otomatis kulkas menjadi salah satu solusi terbaik. Meskipun perdebatan cairan pendingin atau Refrigerant berupa gas sejenis Freon adalah salah satu gas yang menimbulkan global warming.


Sumber: http://www.gomuda.com/2013/07/bagaimana-cara-kerja-kulkas-refrigerator.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar